Langsung ke konten utama

Teknik Komputer & Jaringan (TKJ)

Teknik Komputer & Jaringan (TKJ)
Hai ada yang tau apa Itu TKJ?
Nah pada artikel ini mari kita bahas mengenai Jurusan TKJ (Teknik Komputer & Jaringan)


Jurusan TKJ adalah jurusan yang mempelajari tentang merakit komputer, belajar sistem operasi, pengenalan dan praktik jaringan dasar, pemrograman web, belajar tentang sistem operasi jaringan dan mengadministrasi komputer server.

Materi yang di dapat dalam TKJ


TKJ Memiliki cirikhas dengan pelajaran merakit komputer. Dalam merakit komputer diperlukan ilmu dan tidak boleh asal-asalan. Jurusan TKJ membahas tentag komponen penyusun komputer, bagaimana merakit komputer yang baik dan benar, melakukan konfigurasi komponen komputer serta pengujian hasil perakita komputer.
Setelah siswa merakit, selanjutnya adalah melakukan instalasi Sistem Operasi. Belajar Sistem operasi mencakup perkembangan sistem Operasi, Arsitekturnya, Partisi Hardis, Instalasi Sistem Operasi, sampai dengan memanajemen sistem operasi sehingga dapat digunakan oleh user.

Selain membahas tentang komputer, Jurusan TKJ juga membahas tentang Jaringan. Berhasil merakit serta melakukan instalasi sistem operasi, siswa diajarkan tentang membuat jaringan. Siswa belajar tentang macam-macam jaringan komputer, memahami referensi OSI, membuat jaringan dengan macam-macam topologi, belajar TCP, setting IP Addrress, membangun jaringan lokal, dan membangun jaringan server.

Jurusan TKJ juga belajar tentang pemrograman website. Pemrograman website membahas tentang bagaimana website dibuat, membuat tabel, membuat link, belajar HTML, belajar CSS, belajar PHP dan belajar MySQL.

Lebih dalam lagi Jurusan TKJ membahas tentang sistem operasi jaringan, yang dimulai dari menyusun kebutuhan server, merakit server, melakukan instalasi sistem operasi jaringan untuk server, mengadministrasi jaringan server, melakukan backup dan restore server, hal-hal yang berkaitan dengan manajemen, troubleshooting server,dan membuat service-service jaringan seperti DNS server, DHCP server dll.

Keunggulan Jurusan TKJ

Setiap jurusan pasti memiliki keunggulan-keunggulan tersendiri. Jadi jangan berpikir hanya ada satu jurusan yang terbaik. Ada banyak jurusan yang tersedia di setiap Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Namun pada kali ini saya hanya akan membahas mengenai kelebihan jurusan teknik komputer dan jaringan atau biasa disingkat TKJ.

Jurusan TKJ hampir mirip dengan RPL karena tidak jauh dengan komputer. Yang membedakan adalah jika RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) mempelajari bagaimana cara membuat sebuah program komputer, Bahasa Pemrograman, Visual Basic, dan masih banyak lagi. Jadi pada intinya, RPL adalah jurusan yang berhubungan program komputer, sedangkan TKJ merupakan jurusan yang berhubungan dengan rakit-merakit komputer dan komponen-komponennya.

Ilmu dan Pengalaman yang di dapat dari TKJ

Biasanya Mulai kelas X pelajaran pertama yang diajarkan adalah mengenai Software dan Hardware. Kita diajarkan mengenal komponen-komponen komputer mulai software dan hardware. Penjelasannya sangat lengkap dan bisa menambahkan ilmu pengetahuan. Tidak hanya itu, pembelajaran Sistem Operasi juga tidak ketinggalan. Di kelas X kita diajarkan tentang bagaimana cara membuat kabel Straight dan Cross. Dan lagi, konversi bilangan juga diajarkan. Mulai dari binner hingga hexa.

Troubleshooting Komputer juga diajarkan. Menganalisa permasalahan pada RAM, Hard Disk, dan yang lainnya.Kita diajarkan mengenai permasalahan apa saja yang sering terjadi pada komponen komputer dan cara mengatasinya. Perakitan komputer juga tidak lupa dengan menggunakan CPU yang terbongkar kita disuruh merakit komputer. Kita juga dibekali dengan nasehat maupun apa yang dipelajari untuk bekal prakerin. Menginsatl SO, dan belajar merakit Jaringan LAN.

Setelah menguasai materi kita di uji untuk melakukan prakrin atau PKL biasanya di kls Xl. (Di ambil dari pengalaman saya)
Prakerin menjadi salah satu ajang menuangkan bakat kita di tempat kerja yang sesungguhnya. Berbagai macam tempat service komputer bahkan perusahaan menerima siswa SMK untuk Prakerin. Selama prakerin kita diajarkan bagaimana cara menerima konsumen, bongkar pasang laptop dan komputer, printer, PC, install sistem operasi, dan masih banyak lagi.

Kualitas tempat prakerin yang satu berbeda dengan yang lainnya. Jadi pilihlah tempat prakerin yang menurut Anda cocok untuk menguji kemampuan selama menjalani pembelajaran di Sekolah.

Selanjutnya kita belajar ke hal baru yaitu Jaringan.Pembelajaran tidak hanya seputar rakit-merakit komputer saja. Namun belajar jaringan juga ikut serta dalam jurusan TKJ. Pemahaman Belajar Topologi Jaringan dan setting IP Address, DHCP Server, DHCP Client juga sangat bermanfaat. (Ini pengalaman saya selama kls X sampai Xl).

Lalu di mana Peluang Kerja Jurusan TKJ?
Untuk saat ini sangat banyak perusahaan yang membutuhkan karyawan yang ahli di bidang komputer. Setelah lulus tidak menutup kemungkinan untuk belajar lagi (Kuliah), karena walaupun SMK tetap bisa melanjutkan kuliah.

Keinginan Anda untuk menjadi Teknisi Komputer (IT) tidak akan tertutup selama ada kemauan. Banyak peluang kerja bagi lulusan TKJ.
Semua peluang dapat diciptakan oleh lulusan jurusan TKJ. Dunia sekarang mana ada yang tidak membutuhkan kompetensi seorang lulusan TKJ. Jika memang kompeten di jurusan TKJ, lulusan tidak akan kesusahan mencari peluang kerja, wirausaha maupun melanjutkan sekolah.

Nah itu tadi sekilas tentang TKJ semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara mengatasi peyimpan penuh pada Hp Android

Hp kalian sering penuh penyimpan,Ya itu hal yang membosankan kata kata "Ruang penyimpan hampir habis" itu paling membosankan padahal kita tidak menginstal begitu banyak apk atau dokumen dengan ukuran besar nah di artikel ini mari kita bahas bagaimana mengatasi penyiman yang penuh tanpa harus uninstal apk atau bahkan sampai hapus dokumen, foto atau Vidio.           Baca artikel sampai selesai Hallo sobat adipriam.blogspot.com Dikesempatan kali ini aku mau kasih tips buat kalian yang hp nya suka penuh tuh memory penyimpanya di sini aku simulasi pake Hp J2 Prime yang kebanyakan mempunyai penyakit yang familiar yaitu peyimpanan yang penuh.(Tapi ini bukan berarti hanya untuk J2 Prime ini hanya simulai karna hpku J2 Prime.) Tanpa panjang lebar baca dan ikuti cara cara berikut: 1.Buang file yang sekiranya tidak perlu seperti sampah ..ya sampah^_^ 2.Lakukanlah hapus Data pada Apk yang mempunyai file besar Sebelum aku hapus data peyimpan kisaran 400mb. Caranya kalian ma

OSIS

OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) adalah suatu organisasi yang berada di tingkat sekolah di Indonesia yang dimulai dari Sekolah Menengah yaitu Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. OSIS diurus dan dikelola oleh siswa-siswa yang terpilih untuk menjadi pengurus OSIS. Anggota OSIS adalah seluruh siswa yang berada pada satu sekolah tempat OSIS itu berada. Latar belakang berdirinya OSIS Tujuan nasional Indonesia, seperti yang tercantum pada Pembukaan Undang-undang Dasar 1945, adalah melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Dan secara operasional diatur melalui Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pembangunan Nasional dilaksanakan di dalam rangka pembangunan bangsa Indonesia seutuhnya dan pembangunan seluruh masyarakat Indone

Latihan Soal TLJ semester 1

 1. Dial-Plan diprogram dalam satu file yang bernama... A. Asterisk B. Registrasi C. Extensions.conf. D .IP-PBX E. Parameter 2. Sekumpulan perintah yang dijalankan berdasarkan urutan2 dari tingkat prioritasnya, adalah pengertian dari... A. Priority B. Extension C. Command D. Parameter E. Dialplan 3. Command atau perintah adalah “aplikasi” yang akan di jalankan oleh.... A. Asterisk B. IP-PBX C. Context D. Extension E. Priority 4. Dial-plan berfungsi sebagai ..... A. Hal yang harus di berikan pada command B. Server pada sofswitch C. Routing panggilan antar ekstensi D. Angka integer E. sekumpulan perintah 5. Command disebut juga dengan ..... A. Perintah B. Default C. Extension D. Priority E. asterisk 6. Parameter yang harus diberikan kepada semua Command adalah pengertian dari.... A. Command B. Extension C. Parameter D. Dial-plan E. Priority 7.Merupakan urutan dari perintah yang harus dijalankan dalam sebuah extension disebut.... A.Command B. Extension C. Parameter D. Dial-plan E. Priorit