Langsung ke konten utama

OSIS

OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) adalah suatu organisasi yang berada di tingkat sekolah di Indonesia yang dimulai dari Sekolah Menengah yaitu Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. OSIS diurus dan dikelola oleh siswa-siswa yang terpilih untuk menjadi pengurus OSIS.
Anggota OSIS adalah seluruh siswa yang berada pada satu sekolah tempat OSIS itu berada.



Latar belakang berdirinya OSIS
Tujuan nasional Indonesia, seperti yang tercantum pada Pembukaan Undang-undang Dasar 1945, adalah melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Dan secara operasional diatur melalui Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Pembangunan Nasional dilaksanakan di dalam rangka pembangunan bangsa Indonesia seutuhnya dan pembangunan seluruh masyarakat Indonesia. Pembangunan pendidikan merupakan bagian dari Pembangunan Nasional. Di dalam garis-garis besar haluan Negara ditetapkan bahwa pendidikan nasional berdasarkan Pancasila, bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang maha Esa, kecerdasan dan keterampilan, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian dan mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air, agar dapat menumbuhkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.


Fungsi OSIS

OSIS merupakan sebuah wadah yang berfungsi memfasilitasi para siswa untuk bekerja sesuai tugasnya masing-masing demi kepentingan sekolah dan seluruh siswa. Selain itu, OSIS juga berfungsi sebagai pendorong berkembangnya kemampuan dan kreativitas siswa.
OSIS juga bisa berfungsi sebagai pencegah. Pencegah di sini maksudnya adalah mencegah munculnya pengaruh negatif pada siswa. Dengan adanya OSIS maka siswa bisa memiliki kegiatan yang positif yang bisa memaksimalkan kemampuan dan kreativitas mereka.

Tujuan OSIS

Dari segi pengertiaan OSIS merupakan organisasi siswa intra sekolah yang artinya organisasi ini dibentuk di dalam sekolah, beranggotakan siswa di sekolah, dibina oleh guru di sekolah, dan bekerja demi kebaikan sekolah.

OSIS bertujuan memfasilitasi para siswa untuk menyalurkan aspirasinya, mengekspresikan kreativitasnya, dan berkontribusi untuk hal-hal yang positif. OSIS memiliki tujuan yang positif bagi seluruh siswa di sekolah yang artinya akan memberikan pengaruh positif juga bagi sekolah itu sendiri.
Selain itu, ada lagi tujuan OSIS yang perlu Kamu tahu. OSIS bertujuan memaksimalkan potensi siswanya sehingga bisa meraih prestasi yang membanggakan diri juga sekolah. Selain itu, OSIS juga bertujuan untuk melatih keterampilan siswa dalam bersosialisasi dan berorganisasi.


Tugas OSIS


OSIS bertugas untuk mengendalikan aktivitas siswanya sehingga lebih terarah dan lebih positif. Selain itu, semua orang yang terlibat dalam kepengurusan OSIS juga memiliki tugas masing-masing yang spesifik sesuai dengan jabatan yang dibagikan.
Setiap orang yang terlibat di dalam kepengurusan OSIS memiliki tugas masing-masing yang harus dijalankan. Selain semua siswa yang terlibat dalam kepengurusan OSIS, ada pembina yang bertugas untuk mengawasi jalannya kepengurusan OSIS. Salah satu guru akan dipilih untuk menjadi pembina dan mengawasi jalannya OSIS.

Arti lambang

-Bunga bintang sudut lima dan lima kelopak daun bungaSunting

Generasi muda adalah bunga harapan bangsa dengan bentuk bintang sudut lima menunjukkan kemurnian jiwa siswa yang berintikan Pancasila. Para siswa berdaya upaya melalui lima jalan dengan kesungguhan hati, agar menjadi warga negara yang baik dan berguna. Kelima jalan tersebut dilukiskan dalam bentuk lima kelopak daun bunga, yaitu: abdi, adab, ajar, aktif, dan amal.

-Buku terbuka

Belajar keras menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi, merupakan sumbangsih siswa terhadap pembangunan bangsa dan negara.

-Kunci pas

Kemauan bekerja keras akan menumbuhkan rasa percaya pada kemampuan diri dan bebas dari ketergantungan pada belas kasihan orang lain, menyebabkan siswa berani mandiri. Kunci pas adalah alat kerja yang dapat membuka semua permasalahan dan kunci pemecahan dari segala kesulitan.

-Tangan terbuka

Kesediaan menolong orang lain yang lemah sesama siswa dan masyarakat yang memerlukan bantuan dan pertolongan, yang menunjukkan adanya sikap mental siswa yang baik dan bertanggung jawab.

-Biduk

Biduk atau perahu, yang melaju di lautan hidup menuju masa depan yang lebih baik, yaitu tujuan nasional yang dicita – citakan.

-Pelangi merah putih

Tujuan nasional yang dicita–citakan adalah masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila, yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera baik material maupun spiritual.

-Tujuh belas butir padi, delapan lipatan pita, empat buah kapas, lima daun kapas

Pada tanggal 17 Agustus 1945 adalah peristiwa penegakan jembatan emas kemerdekaan Indonesia mengandung nilai–nilai perjuangan ’45 yang harus dihayati para siswa sebagai kader penerus perjuangan bangsa dan pembangunan nasional. Kemerdekaan yang telah ditebus dengan mahal perlu diisi dengan partisipasi penuh para siswa.

-Warna kuning

Sebagai dasar lambang yaitu warna kehormatan/agung. Suatu kehormatan bila generasi muda diberi kepercayaan untuk berbuat baik dan bermanfaat melalui organisasi, untuk kepentingan dirinya dan sesama mereka, sebagai salah satu sumbangsih nyata kepada tanah air, bangsa dan negara.

-Warna coklat

dapat berarti sifat kedewasaan dan sikap rela berkorban bagi tanah air.

-Warna merah putih

Warna kebangsaan Indonesia yang menggambarkan hati yang suci dan berani membela kebenaran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara mengatasi peyimpan penuh pada Hp Android

Hp kalian sering penuh penyimpan,Ya itu hal yang membosankan kata kata "Ruang penyimpan hampir habis" itu paling membosankan padahal kita tidak menginstal begitu banyak apk atau dokumen dengan ukuran besar nah di artikel ini mari kita bahas bagaimana mengatasi penyiman yang penuh tanpa harus uninstal apk atau bahkan sampai hapus dokumen, foto atau Vidio.           Baca artikel sampai selesai Hallo sobat adipriam.blogspot.com Dikesempatan kali ini aku mau kasih tips buat kalian yang hp nya suka penuh tuh memory penyimpanya di sini aku simulasi pake Hp J2 Prime yang kebanyakan mempunyai penyakit yang familiar yaitu peyimpanan yang penuh.(Tapi ini bukan berarti hanya untuk J2 Prime ini hanya simulai karna hpku J2 Prime.) Tanpa panjang lebar baca dan ikuti cara cara berikut: 1.Buang file yang sekiranya tidak perlu seperti sampah ..ya sampah^_^ 2.Lakukanlah hapus Data pada Apk yang mempunyai file besar Sebelum aku hapus data peyimpan kisaran 400mb. Caranya kalian ma

Latihan Soal TLJ semester 1

 1. Dial-Plan diprogram dalam satu file yang bernama... A. Asterisk B. Registrasi C. Extensions.conf. D .IP-PBX E. Parameter 2. Sekumpulan perintah yang dijalankan berdasarkan urutan2 dari tingkat prioritasnya, adalah pengertian dari... A. Priority B. Extension C. Command D. Parameter E. Dialplan 3. Command atau perintah adalah “aplikasi” yang akan di jalankan oleh.... A. Asterisk B. IP-PBX C. Context D. Extension E. Priority 4. Dial-plan berfungsi sebagai ..... A. Hal yang harus di berikan pada command B. Server pada sofswitch C. Routing panggilan antar ekstensi D. Angka integer E. sekumpulan perintah 5. Command disebut juga dengan ..... A. Perintah B. Default C. Extension D. Priority E. asterisk 6. Parameter yang harus diberikan kepada semua Command adalah pengertian dari.... A. Command B. Extension C. Parameter D. Dial-plan E. Priority 7.Merupakan urutan dari perintah yang harus dijalankan dalam sebuah extension disebut.... A.Command B. Extension C. Parameter D. Dial-plan E. Priorit